30 Tips Ampuh Menyembuhkan Pilek dengan Cepat

Pilek atau penyakit flu disebabkan oleh virus. Gejala pilek sangat mengganggu aktifitas seari-hari.

Beberapa gejala yang sangat umum dari penyakit pilek adalah seperti bersin, batuk, hidung meler, demam dan sakit kepala.

 Pilek atau penyakit flu disebabkan oleh virus 30 Tips Ampuh Menyembuhkan Pilek dengan Cepat
Sumber gambar: Obati Flu Dengan Obat Alami Air Jahe Madu Hangat (Vemale.com), pilek sebenarnya dapat disembuhkan dengan cara alami, sehingga tidak melulu mengandalkan minum obat yang dibeli di apotek.

Cara alami tersebut salah satunya yaitu minum air jahe madu hangat. Kandungan yang ada di dalamnya bermanfaat untuk menghangatkan tubuh, antioksidan pada madu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Berikut cara membuat air jahe madu hangat.

Siapkan Bahan:
  • 1 gelas besar air
  • 3 sdm madu
  • 1 rimpang jahe (kupas, memarkan)

Langkah-langkahnya:
  1. Rebus air bersama jahe hingga mendidih. 
  2. Setelah jahe terlihat matang dan air mendidih sempurna, maka angkat. 
  3. Lalu campurkan madu ke dalam air jahe, kemudian aduk. 
  4. Lalu tuangkan ke gelas, minum selagi hangat.

Kalau bisa, minumlah air jahe madu sebanyak 3 kali dalam sehari, sehingga diharapkan penyakit flu atau pilek akan sembuh dengan lebih cepat.

Minum air jahe juga bermanfaat untuk membuat kondisi tubuh lebih sehat, segar dan bugar. Apabila Anda tidak terlalu suka dengan bau jahe yang menyengat, maka Anda boleh menambahkan air perasan lemon.

27. Olahraga Ringan

Orang yang sedang pilek biasanya tidak mau keluar rumah. Hal ini wajar agar untuk menghindari beberapa dampak buruk dari udara di luar rumah. Ketika pilek maka tubuh membutuhkan istirahat.

Disamping itu, sebuah penelitian yang dilakukan oleh pihak Universitas South Carolina menemukan bahwa menggerakan tubuh atau melakukan olahraga ringan saat terkena pilek, mampu mengurangi gejala akibat infeksi.

Olahraga ringan seperti berjalan kaki atau lari-lari kecil dapat Anda lakukan, gunakan pelindung badan untuk menjaga kesehatan tubuh.

28. Konsumsi Yogurt

Yogurt adalah minuman yang diolah dari susu dengan bahan tambahan bakteri baik. Bakteri baik ini akan menjadi probiotik yang berfungsi untuk melawan infeksi di dalam tubuh.


 Pilek atau penyakit flu disebabkan oleh virus 30 Tips Ampuh Menyembuhkan Pilek dengan Cepat
Photo credit: Maxpixel.net

Konsumsi yogurt bermanfaat untuk memelihara kesehatan dan menjaga sistem kekebalan tubuh yang baik. Pilih jenis yogurt alami yang tidak mengandung bahan tambahan seperti pemanis buatan.

Dari laman Vemale.com, salah satu cara mencegah flu yaitu dengan mengonsumsi yogurt. Para ilmuwan mengatakan bahwa konsumsi yogurt bisa bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Tapi, tidak semua yogurt bisa mengatasi flu, sehingga sangat perlu untuk memperhatikan kualitas yogurt yang ingin dikonsumsi. Anda perlu mengecek pada label kemasan yogurt.

Amati nutrisi apa saja yang terkandung dalam produk yogurt yang ingin Anda beli. Cari tahu juga apakah produk yogurt tersebut menggunakan perasa atau tambahan pemanis buatan.

Disarankan untuk memilih yogurt plain daripada yogurt dengan aneka rasa. Yogurt mengandung probiotik, sehingga pastikan menyimpan yogurt di dalam kulkas.

29. Gunakan Balsem Hangat

Menggunakan balsem mampu meringankan gejala pilek. Usapkan balsem pada punggung atau dada, dan jangan sampai balsem masuk ke lubang hidung, karena dapat membuat timbulnya rasa pedih.

30. Mengonsumsi Obat-Obatan (Dibeli di Apotik)

Dari laman Alodokter.com, untuk meredakan gejala hidung tersumbat maka cobalah untuk mengonsumsi obat yang mengandung dekongestan.

Adapun untuk meredakan gejala lainnya yang muncul seperti demam dan nyeri, maka konsumsi obat pereda rasa sakit berupa ibuprofen atau paracetamol.

Walaupun obat-obatan tersebut dijual bebas di apotek, Anda harus tetap mematuhi aturan pakai. Perhatikan baik-baik informasi yang tertera pada label kemasan (kalau bisa tanyakan kepada apoteker yang menjual obat).

Hal itu karena ada sebagian produk obat yang tidak boleh diberikan kepada bayi, anak-anak, wanita hamil atau menyusui, dan penderita kondisi tertentu.

Jangan Lupa Konsumsi Makanan Pelawan Infeksi

Berikut beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi ketika seseorang sedang mengalami penyakit flu:
  • Wortel, karena mengandung beta-karoten
  • Cabai, karena dapat membuka sinus, dan membantu memecah lendir di paru-paru
  • Bawang, karena mengandung phytochemical yang membantu tubuh melawan infeksi.
  • Pisang dan nasi, karena menenangkan sakit perut dan diare
  • Buah yang kaya akan vitamin C, seperti jambu biji, jeruk, dsb.
  • Blueberry, karena mengandung aspirin alami yang bermanfaat untuk menurunkan demam dan membantu mengurangi rasa nyeri.

0 Response to "30 Tips Ampuh Menyembuhkan Pilek dengan Cepat"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2